Selasa, 29 Oktober 2013 , 12:02:00 WIB

Jamin Keaslian Hasil Penghitungan, KPU Beri Penandaan Khusus

Laporan: Amelia Fitriani

Jangan Pilih Kucing Dalam Karung! DEMI menjamin keaslian hasil penghitungan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi penandaan khusus pada formulir C1 atau sertifikat hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pengamanan dokumen tersebut berbentuk hologram dan mikroteks.

"Kita menginginkan suara yang diberikan pemilih dan suara yang diperoleh setiap peserta Pemilu dan calon-calonnya terjaga dengan baik," terang Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah, kemarin (Senin, 28/10) seperti dikabarkan Rakyat Merdeka Online.

Penandaan khusus pada formulir C1 dan C1 plano, kata Ferry untuk mencegah potensi kecurangan dalam penghitungan dan rekapitulasi suara secara berjenjang dapat diatasi. Jika terjadi sengketa hasil Pemilu dan para pihak mengklaim perolehan suara dengan membawa bukti formulir C1, maka keaslian formulir dari para pihak tersebut dapat dicek dengan mudah.

"Nantinya di dalam persidangan tidak ada lagi perdebatan mana formulir yang asli dan mana yang tidak. Karena setiap alat bukti berupa formulir C1 dan C1 plano yang dibawa para pihak dapat dicek keasliannya karena sudah diberi penandaan khusus," lanjutnya.

Dengan demikian para pihak yang bersengketa dapat menerima hasil putusan dengan lapang dada. Pengadaan formulir C tersebut, kata Ferry akan mulai dilaksanakan pada awal Januari 2014 bersamaan dengan pengadaan surat suara, segel, tinta sidik jari, template dan DCT anggota DPR dan DPD.  Pengadaan sejumlah logistik tersebut menjadi kewenangan KPU RI.

"Saat ini kita sudah membuka proses lelang untuk surat suara," ujarnya.

Pada tahun yang sama, lanjut Ferry, KPU Provinsi akan mengadakan formulir C dan D untuk anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dan DCT anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sementara KPU Kabupaten/Kota diberi kewenangan mengadakan alat kelengkapan pemungutan dan penghitungan suara. [mel]

Write A Comment