Sabtu, 28 September 2013 , 13:45:00 WIB

Tingkatkan Pengawasan Pemilu, Bawaslu Rekrut Mahasiswa

Laporan: Amelia Fitriani

Jangan Pilih Kucing Dalam Karung!

MENGAHADAPI Pemilu 2014 mendatang, Badan pengawas Pemilu memiliki cara sendiri untuk melakukan pengawasan lebih intensif pada pesta demokrasi tersebut.

Bawaslu melakukan perekrutan pada mahasiswa untuk menjadi pengawas Pemilu 2014. Mahasiswa dinilai masih cukup obyektif dan netral di tengah masyarakat.

Bawaslu pun melaunching 'Gerakan Nasional Satu Juta Relawan Pengawas Pemilu Bagi Pemilih Pemula' di kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Sabtu (28/9). Relawan ini diisi oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Ketua Bawaslu RI, Muhammad mengatakan, relawan tersebut akan diterjunkan hingga ke pelosok-pelosok desa untuk mengawasi jalannya Pemilu. Dengan gerakan satu juta relawan yang melibatkan mahsiswa ini, pemilu 2014 nantinya diharapkan bisa lebih bagus, transparan, akuntabel, dan jujur.

"Karena jika pengawasan hanya diserahkan ke Bawaslu, maka tidak bisa menjangkau seluruhnya. Target kita setiap TPS harus ada pengawas hingga ke pelosok-pelosok desa," kata Muhammad di Bantul, Yogyakarta sebagaimana diberitakan Detik.

Sebelum terjun melakukan pengawasan, relawan pengawas Pemilu ini akan mendapatkan pelatihan lebih dahulu. Mereka akan dilatih tentang apa yang harus diawasi, bagaimana mengawasi, dan terukur apa yang dia cermati di setiap tahapan Pemilu.

"Mahasiswa yang menjadi relawan ini, akan menjadi mata dan telinga dalam pengawasan Pemilu 2014," demikian Muhammad. [mel]


Write A Comment