Kamis, 10 Oktober 2013 , 16:31:00 WIB

Jelang Pemilu 2014, BPPT Rekomendasikan E-Rekapitulasi Berbasis TIK

Laporan: Amelia Fitriani

Jangan Pilih Kucing Dalam Karung! KEPALA Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Marzan Aziz Iskandar merekomendasikan e-rekapitulasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk penghitungan suara di Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) mendatang.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini e-rekapitulasilah yang paling siap, yang berupa proses pasca penghitungan suara dengan TIK. Hal ini bertujuan agar hasil pemilu bisa lebih dipercaya, transparan, akuntabel, murah dan cepat. Berbagai keuntungan ini pulalah yang menurutnya ditawarkan BPPT.

"E-rekapitulasi saat ini merupakan pilihan yang inovatif dan sangat penting dalam melaksanakan salah satu pilar demokrasi yang berkualitas, yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam penyelenggaraan pemilihan umum di tahun-tahun sebelumnya," katanya, di sela-sela Dialog Nasional Sinergi Menuju Pemilu Elektronik di Indonesia, bertajuk 'Inovasi Teknologi e-Rekapitulasi Pemilu 2014' di Jakarta, Kamis (10/10) seperti diberitakan Beritasatu.

Dijelaskan Marzan, e-rekapitulasi adalah bagian proses yang paling penting dari e-voting. Tepatnya yaitu proses pengolahan, pengiriman dan penayangan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu di tiap tempat pemungutan suara, serta menghasilkan jejak audit.

Marzan juga memastikan bahwa teknologi rekapitulasi berbasis TIK ini pun bisa mencegah aspek manipulasi data. Teknologi ini juga bisa ditelusuri sumber kesalahannya, sehingga diklaim tetap menjamin pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. [mel]

Write A Comment